Senin, 02 November 2015

CITRA PEMERINTAH DIMATA RAKYAT

Membericarakan pemerintah yang baik berwibawa sama halnya dengan membicarakan pemimpin yang bertindak sebagai leader. Leader disini artinya dia yang terdepan dalam barisan untuk membuka jalan dan menghancurkan hambatan untuk anggotanya bukan seorang pemimpin yang bersifat layaknya bos yang hanya bisa memerintah dan duduk manis di belakang, ditandu, dan jalan-jalan.
            Ada pepatah mengatakan “lebih baik pasukan ribuan domba dengan pemimpin seekor singa, daripada pasukan ribuan singa yang dipimpin oleh seekor domba“. Pepatah tersebut bermaksut bahwa pemimpin sangat memperngaruhi keberlangsungan hidup atau nasib anggotanya (masyarakat).
            Meskipun masyarakat indonesia adalah masyakarat yang kuat, hebat, pintar, tapi jika dipimpin oleh seorang pemimpin yang salah (lemah mental) jelas nasib masyakarat kita akan dipertanyakan layaknya pasukan singa yang hilang kekuatannya. begitu dengan sebaliknya, akan berbeda cerita jika pemimpin (wakil rakyat) adalah sosok yang baik, pro rakyat,nasionalisme yang artinya adalah sosok pemimpin yang bertanggung jawab dan berani mengorbakan dirinya demi kelompoknya maka kabar gembira yang akan dirasakan oleh rakyat.
            Intinya para pemimpin (eksekutif,legislatif,dan yudikatif) harus merubah mindset mereka. Meraka itu pelayan rakyat yang tugas pokok dan fungsinya melayani bukan dilayani. Meraka harus menyadari bahwa memegang tanggung jawab yang besar, status wakil rakyat itu adalah mencintai rakyat, bukan malah mencederai bahkan memeras rakyat dengan alasan demi kebaikan rakyat.

            Pemimpin itu adalah sosok yang pandai mencari jalan bukan yang pandai mencari alasan.memang benar didalam dunia politik sah-sah saja berjanji, bahakan berjanji akan membangun jembatan di area yang tidak ada sungainya. Nah, hal yang semacam ini yang harus dirubah.manajemen di pemerintahan kita yang dulunya berlandaskan kejujuran dan agama diganti dengan manajemen yang akuntabel dan transparan. Sehingga rakyat akan bisa lebih mengerti alasan dari kebijakan-kebijakan yang diambil wakil mereka dan rakyat pun akan membantu mensukseskannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar